PENGEMBANGAN PERODUK PADA USAHA RUMAHAN KUE KELAPA

Abstract
Maksud dan tujuan dari adanya kegiatan pendampingan ini adalah meningkatkan packaging dan media promosi melalui media sosial untuk meningkatkan kualitas produk dan daya beli masyarakat. Dengan adanya peningkatan kualitas produk dan promosi melalui media social dapat meningkatkan pendapatan dan memperoleh keuntungan yang besar. Metode pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Tipar Kidul adalah Presentasi tatap muka dengan memberikan penjelasan terkait pentingnya packaging yang menarik. Pendampingan dan pelatihan terkait inovasi jaringan pemasaran yaitu media social dan pembuatan label dan kemasan yang lebih menarik. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa pelaku UMKM memahami tentang pentingnya diversifikasi produk akibat dari permintaan pasar dan kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Terjadinya peningkatan dan pengembangan jenis produk dari UMKM kue kelapa sehingga berdampak peningkatan penjualan dan keuntungan. Terjadi pemasaran online dan pembaruan packaging serta pemberian logo kemasan pada UMKM kue kelapa.