PERENCANAAN DAN PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN RUMAH SEDERHANA UNTUK KELUARGA PRA SEJAHTERA KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Ferdinandes Eddy Poerwodihardjo Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i1.59

Abstract

Rumah atau tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Setiap orang membutuhkan rumah, tempat berteduh dari segala cuaca. Berlindung dari hujan dan matahari serta hawa panas dan dingin yang setiap musim selalu berganti.  Di rumah segala aktivitas sehari-hari dilakukan, dan di rumah pula setiap manusia bertumbuh dan berkembang secara kodrati, baik secara fisik dan mental. Rumah menjadi  salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi.

Bapak Suwarno, seorang Bapak muda dengan 2 anak yang masih kecil sangat merindukan adanya tempat tinggal yang layak untuk keluarganya. Beliau berasal dari Purbalingga dan bekerja di Purwokerto. Banyak pihak pemerhati yang bersimpati kepadanya. Terutama pimpinan tempat dia bekerja, mempunyai inisiatif untuk membangunkan rumah dengan cara gotongroyong.  Berbagai Pihak, turut bersimpati dan tergerak untuk membantu.

Pelaksanaan pembangunan secara gotongroyong dan mendapat bantuan dari dana umat di Paroki Katedral Kristus Raja Purwokerto. Bangunan sederhana dengan ukuran 37,5m2 ditambah teras 5 m2 di bagian depan dan 5 m di bagian belakang rumah. Tahapan perencanaan dan pembangunan dilaksanakan dengan bantuan Tim Teknis dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Wijaya Kusuma. Pekerjaan ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu Tahap 1. Perencanaan dan perancangan, Tahap 2. Pelaksanaan Pembangunan dan Tahap 3. Penyusunan laporan dan penyerahan bangunan kepada Romo Paroki sebagai penggagas dan donator utama. Dalam pelaksanaan dibangun 2 unit sekaligus dengan 1 unit untuk yang kelak membutuhkan.

Pelaksanaan memakan waktu kurang lebih 3 bulan dan selesai seperti yang diharapkan. Biaya yang dikeluarkan lebih kecil dari anggaran karena adanya berbagai pihak yang turut membantu dalam bentuk material ataupun tenaga.

Downloads

Published

2023-02-06