PENGEMBANGAN PRODUK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI UMKM

Abstract
Kegiatan pengabdian bertujuan untuk membantu masyarakat, khususnya para pelaku UMKM, dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pengembangan produk untuk meningkatkan hasil produksi. Metode yang dilakukan melalui pendampingan, diskusi, pelatihan keterampilan, dengan materi tentang mengenal tingkatan dan klasifikasi produk serta Strategi Pengembangan Produk. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa berdasarkan identifikasi yang dilakukan, masih terbatasnya pengetahuan para pelaku UMKM terkait bagaimana cara pengembangan produk yang dihasilkannya, baik dari variasi produk, pengemasan, dan pembuatan merknya. Adanya keterbatasan pemahaman yang dimiliki para pelaku UMKM, maka tim pengabdian memberikan pengetahuan tentang pentingnya diversifikasi produk, cara pengemasan, dan pemberian merk terhadap produk yang dihasilkan, sehingga para pelaku UMKM terdorong untuk menerapkan dan mempraktekkan pengetahuan mereka untuk meningkatkan hasil produksi yang digelutinya guna mendukung terwujudnya tujuan UMKM untuk menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan.