MENANGKAP PELUANG USAHA KREATIF MELALUI PELATIHAN KETRAMPILAN BAGI JEMAAT GKI MARTADIREJA PURWOKERTO

Authors

  • Nirmala FEB UNWIKU
  • Heri Setiawan

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i2.102

Abstract

Kehidupan masyarakat saat ini memunculkan banyak kebutuhan konsumtif dan sekaligus membuka banyak peluang usaha.  Banyak sekali usaha baru yang muncul dari ide kreatif para pemiliknya.  Bisnis dalam bidang jasa juga memberikan banyak peluang dan menuntut kreativitas dari pemilik usaha.  Banyak usaha kreatif yang bahkan bisa dilakukan dari rumah.  Salah satu usaha kreatif yang saat ini marak adalah usaha hantaran berupa buket snack yaitu bingkisan snack yang dihias sedemikian rupa.  Buket snack biasa diberikan untuk merayakan berbagai momen bahagia seperti ulangtahun, wisuda, kelulusan siswa maupun hari bahagia lainnya.  Kreativitas dalam bisnis buket snack sangat menarik dan dapat dipelajari melalui media sosial seperti instagram dan youtube. Namun dalam kenyataan masih banyak masyarakat yang menganggap dirinya tidak kreatif dan kesulitan mempelajari tutorial secara online.

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (a) untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan motivasi bagi jemaat gereja agar dapat menemukan ide kreatifnya, (b) memberikan pelatihan kreatifitas yang dapat dipraktekan jemaat gereja, serta (c) mendorong jemaat gereja untuk berani berkreasi sehingga setelah mengikuti pendampingan ini dapat lebih termotivasi untuk membuka bisnis kreatif di rumah.

Metode pendekatan yang dilakukan adalah presentasi dengan tatap muka, pendampingan dan pelatihan ketrampilan merangkai buket snack.  Melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, diharapkan jemaat Gereja Kristen Indonesia Martadireja Purwokerto setelah mendapatkan tambahan pengetahuan dan pelatihan ketrampilan dapat termotivasi untuk membuka bisnis kreatif di rumah.

Downloads

Published

2023-08-28