UPAYA DIGITALISASI MARKETING UMKM DI DESA PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN

Authors

  • Isnaeni Rokhayati - Universitas Wijayakusuma

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i2.110

Abstract

Permasalahan yang dihadapi UMKM terkait teknologi adalah pada kemampuan pemilik UMKM untuk menguasai dan menggunakan teknologi dalam pengembangan usahanya. Kemampuan pemilik memanfaatkan teknologi masih cukup rendah dan ditambah kondisi pandemi covid-19 selama lebih dari dua tahun terakhir membuat UMKM banyak yang mengalami penurunan. Padahal dengan era digitalisasi saat ini, mestinya UMKM dapat terus melakukan penjualan yang tidak terbatas area dan jangkauan wilayah dengan sistem pemasaran digital. Masyarakat dan pemilik UMKM di Desa Padaherang, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran membutuhkan tambahan pengetahuan agar dapat memahami area dan jangakuan dari pemasaran digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pemahaman materi tentang pentingnya penggunaan digital marketing dalam upaya untuk melakukan pemasaran produk UMKM secara online/diital. Penyampaian materi atau informasi tentang pengetahuan pemasaran produk dengan digital marketing merupakan kegiatan untuk melakukan upaya penyadaran/peningkatan pemahaman terhadap masalah memasarkan hasil produk UMKM di Desa Padaherang Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran dengan melakukan konsultasi/pendampingan/mediasi untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa masih Perlunya pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen usaha dan manajemen pemasaran digital pada masayarakat dan pemilik UMKM untuk meningkatkan usahanya demi tercapainya   kesejahteraan hidup yang semakin baik.

 

Downloads

Published

2023-08-28