PEMBERDAYAAN UMKM POKLAHSAR BUNDA MADANI MELALUI PENINGKATAN DIGITAL MARKETING DAN INOVASI KEMASAN

Authors

  • Bagus Adhitya Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Heris Kencana

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i1.154

Abstract

Tujuan pendampingan adalah untuk meningkatkan citra merk produk, mengembangkan strategi pemasaran terbaik dalam peningkatan penjualan produk, serta memastikan keberlanjutan produk dalam pasar luas dengan memperkuat daya saing UMKM POKLAHSAR Bunda Madani. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah pendampingan dan pelatihan terkait digital marketing dan inovasi produk yang dilaksanakan di UMKM POKLAHSAR Bunda Madani Desa Panembangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan digital marketing dapat memberdayakan UMKM. Strategi promosi produk melalui sosial seperti Instagram dan WhatsApp sangat menunjang pada peningkatan citra produk di pasaran, konsumen menjadi lebih mudah dalam mengakses dan membeli produk dari UMKM. Implementasi digital marketing berdampak positif pada peningkatan penjualan, citra merk, dan pertumbuhan bisnis secara signifikan. Inovasi Kemasan menjadi salah satu faktor yang dapat menunjang peningkatan penjualan, citra merk, dan dapat menjadi pondasi yang kuat dalam menghadapi persaingan di pasar luas. Selain itu, produk yang dibawakan oleh UMKM ini memiliki ciri khas tersendiri, dengan demikian diharapkan pertumbuhan dan perkembangan bisnis dapat terlaksana dengan lancar.

Downloads

Published

2024-02-01