PENINGKATAN PROGRAM KEGIATAN PEMASARAN PRODUK UMKM

Authors

  • Ady Achadi Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Fatwa Zuhaena
  • Santi Suciningtyas Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i1.167

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah sastu elemen pertumbuhan perekonomian menempati posisi strategis dalam mempercepat perubahan struktur dan taraf hidup masyarakat.  Salah satu upaya untuk mengembangkan UMKM dari segi permodalan dapat dilakukan dengan menggabungkan UMKM dalam suatu kelompok, selain itu dengan penggabungan tersebut pemasaran juga dapat dilakukan secara lebih efektif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang saat ini berkembang cepat terutama dalam penggunaan media sosial. Media sosial dapat digunakan untuk melakukan promosi dari produk yang dihasilkan dengan biaya yang murah. Proyek pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui metode penyuluhan dengan memberikan materi berupa strategi pengembangan usaha dengan pembentukan kelompok usaha dan pemanfaatan media sosial untuk pemsaran produknya dan langkah berikutnya dilakukan pendampingan. Hasil dari Proyek kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dari bulan September sampai Desember 2023 telah berhasil membuat para pelaku usaha umkm di desa Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen yang bergerak di bidang usaha pembuatan tahu untuk mencoba mengembangkan usahanya melalui pembentukan modal bersama dan memanfaatkan media sosial untuk memperluas pasar

Downloads

Published

2024-02-08