PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM MENUNJANG KEMAJUAN UMKM DI DESA BANJARANYAR, KECAMATAN SOKARAJA, KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Andhi Johan Suzana Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Arinastuti Arinastuti
  • Intan Mahmudah
  • Wening Larasmanah

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i1.170

Abstract

Media sosial dan digital marketing menjadi sesuatu yang penting agar UMKM dapat berkembang. Namun dalam kenyataannya, banyak pelaku UMKM yang belum mahir bersentuhan dengan dunia digital, karena faktor usia dan pendidikan. Padahal dengan era digitalisasi saat ini, mestinya UMKM dapat terus melakukan penjualan yang tidak terbatas area dan jangkauan wilayah dengan sistem pemasaran digital/digital marketing. Salah satu pihak yang memiliki potensi besar untuk bisa membantu kelompok UMKM bertumbuh dan berkembang adalah organisasi Karang Taruna.  Organisasi Karang Taruna terdiri dari generasi muda yang tentunya lebih mahir dalam menggunakan teknologi.  Keberadaan Karang Taruna Kusuma Yudha di Desa Banjaranyar, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas diharapkan akan mampu bersinergi dengan para pemilik UMKM dalam hal penggunaan dan pemanfaatan digital marketin. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (a) meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengurus dan anggota Karang Taruna Kusuma Yudha mengenai pentingnya digital marketing dalam pengembangan UMKM, sehingga setelah mengikuti pendampingan ini dapat termotivasi melakukan pendampingan  digital marketing pada pelaku UMKM, (b) memberikan motivasi dan mendorong penerapan digital marketing pada usaha UMKM agar setelah mengikuti pendampingan ini maka pengurus dan anggota Karang Taruna Kusuma Yudha mampu melakukan praktek dan mendampingi pelaku UMKM menerapkan digital marketing untuk memasarkan produknya. Metode pendekatan yang dilakukan adalah presentasi tatap muka, pendampingan dan pelatihan.  Melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, diharapkan para pengurus dan anggota Karang Taruna Kusuma Yudha selain mendapatkan pengetahuan juga semakin termotivasi untuk mendampingi pelaku UMKM untuk menerapkan digital marketing.

Downloads

Published

2024-02-08