IDENTIFIKASI PEMASARAN ONLINE YANG EFEKTIF PADA UMKM BAKSO GORENG ISI PAK DADANG

Authors

  • Sri Sundari Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Wisnu Wijayanto
  • Ulfa Dewi Nur’aini
  • Ulfah Rahmawati
  • Tesanda Audri Salsabila Safi
  • Endra Irfan Alfian

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i1.172

Abstract

UMKM di Indonesia yang jumlahnya mencapai 65,4 juta, hanya 10% saja yang baru menerapkan strategi pemasaran online UMKM. Strategi pemasaran online dapat diartikan sebagai cara memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualannya melalui internet. Dari hasil survey menunjukkan, UKM yang menerapkan strategi pemasaran online penghasilannya 80% persen lebih tinggi dibanding dengan pelaku pemasaran konvensional. Selain itu, terdapat potensi 1,5 kali lebih besar untuk menyerap tenaga kerja. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian daerah maupun suatu negara, Kegiatan   pengabdian  kepada   masyarakat   ini bertujuan  untuk  meningkatkan  penjualan UMKM melalui penggunaan pemasaran digital serta meningkatkan pengetahuan  dan  kemampuan penggunaan teknologi dalam pengelolaan UMKM  “BAKSO GORENG ISI PAK DADANG” di Kelurahan Grendeng Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas dengan melakukan pendampingan dan pelatihan pemasaran digital. Hasil kegiatan pengabdian adalah pelaku usaha telah mengaplikasikan pemasaran digital baik melalui media sosial maupun kanal digital lainnya untuk meningkatkan penjualan produknya

Downloads

Published

2024-02-08