IDENTIFIKASI PEMASARAN ONLINE YANG EFEKTIF PADA UMKM BAKSO GORENG ISI PAK DADANG
DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i1.172
Abstract
UMKM di Indonesia yang jumlahnya mencapai 65,4 juta, hanya 10% saja yang baru menerapkan strategi pemasaran online UMKM. Strategi pemasaran online dapat diartikan sebagai cara memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualannya melalui internet. Dari hasil survey menunjukkan, UKM yang menerapkan strategi pemasaran online penghasilannya 80% persen lebih tinggi dibanding dengan pelaku pemasaran konvensional. Selain itu, terdapat potensi 1,5 kali lebih besar untuk menyerap tenaga kerja. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian daerah maupun suatu negara, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan UMKM melalui penggunaan pemasaran digital serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penggunaan teknologi dalam pengelolaan UMKM “BAKSO GORENG ISI PAK DADANG” di Kelurahan Grendeng Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas dengan melakukan pendampingan dan pelatihan pemasaran digital. Hasil kegiatan pengabdian adalah pelaku usaha telah mengaplikasikan pemasaran digital baik melalui media sosial maupun kanal digital lainnya untuk meningkatkan penjualan produknya