MEMBANGUN MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERWIRAUSAHA

Authors

  • Herwiek Diyah Lestari Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Cahyaningtyas Ria Uripi Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Dea Seviana Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Luis Fernando

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.180

Abstract

Kegiatan pengabdian bertujuan untuk membantu KUB Yasinta  yang beralamat di Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Kecamatan    Purwokerto Timur, kabupaten Banyumas  dalam  membangun motivasi untuk meningkatkan  kreativitas  berwirausaha  untuk memunculkan ciri khas bisnis, menghasilkan produk yang belum pernah dipasarkan, menjadikan  dirinya bukan sebagai peniru melainkan sebagai pemimpin. Metode dilakukan melalui pendampingan, diskusi, pelatihan keterampilan, dengan materi tentang membangun potensi diri untuk meningkatkan motivasi serta kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa berdasarkan identifikasi yang dilakukan, masih terbatasnya kemampuan membangun motivasi untuk meningkatkan kreativitas berwirausaha. Adanya keterbatasan pemahaman yang dimiliki pelaku usaha, maka tim pengabdian memberikan pengetahuan tentang pentingnya membangun motivasi untuk meningkatkan kreativitas berwirausaha, sehingga pelaku usaha terdorong untuk menerapkan dan mempraktekkan pengetahuan mereka untuk meningkatkan hasil produksi untuk mewujudkan tujuan menghasilkan produk yang belum pernah dibuat sebelumnya ke pasar dan menjadikan dirinya bukan sebagai peniru melainkan sebagai pemimpin.

 

The service activity aims to help KUB Yasinta which is located in Sokawera Village, Cilongok District, East Purwokerto District, Banyumas Regency in building motivation to increase entrepreneurial creativity to bring up business characteristics, produce products that have never been marketed, make themselves not as imitators but as leaders. The method is done through mentoring, discussion, skills training, with material on building self-potential to increase motivation and creativity and innovation in entrepreneurship. The results of the service show that based on the identification carried out, there is still limited ability to build motivation to increase entrepreneurial creativity. Due to the limited understanding of business actors, the service team provides knowledge about the importance of building motivation to increase entrepreneurial creativity, so that business actors are encouraged to apply and practice their knowledge to increase production results to realize the goal of producing products that have never been made before to the market and making themselves not as imitators but as leaders.

Downloads

Published

2024-07-31