DIVERSIFIKASI PRODUK DAN EKSPANSI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Bagus Adhitya Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Zumaeroh Zumaeroh Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Hari Winarto Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.19

Abstract

Persaingan  usaha  yang  semakin  tinggi  dan  ketat  menjadikan  perkembangan  usaha  bisnis semakin  pesat. Diversifikasi produk merupakan upaya meningkatkan penjualan yang dilakukan dengan menciptakan berbagai jenis produk usaha untuk dikembangkan menjadi pasar baru. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan diversifikasi produk dan dapat melakukan pemasaran melalui media sosial agar mampu meningkatkan penjualan sehingga pendapatan dan keuntungan usaha juga meningkat. Dalam kegiatan ini metode pelaksanaan pengabdian berupa pelatihan dan pendampingan, materi penyuluhan tentang pelatihan diversifikasi produk, strategi pemasaran produk, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan kapasitas penjualan dan pendapatan usaha. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan pelaku usaha memahami tentang pentingnya diversifikasi produk akibat dari permintaan pasar dan kebutuhan konsumen yang semakin beragam sehingga terjadi peningkatan penjualan dan keuntungan usaha. Selain itu, dengan pemanfaatan teknologi terjadi pemasaran online melalui media sosial pada Industri Peyek Al Rumi di Desa Banjarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas.

Kata kunci : Diversifikasi Produk, Ekspansi Pemasaran

Downloads

Published

2022-11-01