DIVERSIFIKASI PRODUK DAN EKSPANSI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL
DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.19
Abstract
Persaingan usaha yang semakin tinggi dan ketat menjadikan perkembangan usaha bisnis semakin pesat. Diversifikasi produk merupakan upaya meningkatkan penjualan yang dilakukan dengan menciptakan berbagai jenis produk usaha untuk dikembangkan menjadi pasar baru. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan diversifikasi produk dan dapat melakukan pemasaran melalui media sosial agar mampu meningkatkan penjualan sehingga pendapatan dan keuntungan usaha juga meningkat. Dalam kegiatan ini metode pelaksanaan pengabdian berupa pelatihan dan pendampingan, materi penyuluhan tentang pelatihan diversifikasi produk, strategi pemasaran produk, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan kapasitas penjualan dan pendapatan usaha. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan pelaku usaha memahami tentang pentingnya diversifikasi produk akibat dari permintaan pasar dan kebutuhan konsumen yang semakin beragam sehingga terjadi peningkatan penjualan dan keuntungan usaha. Selain itu, dengan pemanfaatan teknologi terjadi pemasaran online melalui media sosial pada Industri Peyek Al Rumi di Desa Banjarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas.
Kata kunci : Diversifikasi Produk, Ekspansi Pemasaran