PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM

Authors

  • Ady Achadi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Wijayakuuma Purwokerto
  • Fatwa Zuhaena FEB Unwiku Purwokerto
  • Sandi Ramadhan Mahasiswa FEB Unwiku Purwokerto
  • Shavira Rika Jana Mahasiswa FEB Unwiku Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.191

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih saat ini, membuat penggunaan media sosial (online) menjadi pilihan utama yang akan diterapkan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam memsarkan produknya guna mendapatkan keunggulan. Di zaman ini penggunaan media sosial telah menjadi pilar utama untuk penyampaian informasi, salah satu kelebihan media sosial yaitu memiliki banyak potensi untuk kemajuan suatu usaha. Proyek pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode penyuluhan yang dilakukan dengan memberikan materi berupa strategi peningkatan daya saing umkm melalui pemanfaatan media sosial dan langkah berikutnya dilakukan pendampingan. Hasil dari Proyek kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juni 2024 telah berhasil membuat para pelaku usaha umkm di desa Klapasawit, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen yang bergerak di bidang usaha pembuatan makanan ringan untuk mencoba mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan media sosial untuk memperluas pasar.

Downloads

Published

2024-08-05