STRATEGI PEMASARAN DI ERA DIGITAL PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM)

Authors

  • Transiska Silvia Kurnia Dewi Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Sri Ambarwati Nurdiyanto Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Fifit Sapitri Fauziah Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Shavira Rika Jana Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Shavira Rika Jani Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.197

Abstract

ABSTRAK

Pemahaman masyarakat untuk mampu memaksimalisasi sumber daya yang ada dengan tersistem masih kurang. Banyak UMKM yang belum memiliki nama atau merk produk, sehingga tidak bisa membuat logo untuk produk mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan sosialisasi digital marketing UMKM dalam optimalisasi potensi ekonomi desa. jenelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang menggabungkan metode wawancara mendalam dan observasi terhadap pelaku UMKM. Sosialisasi tersebut diikuti oleh ibu ibu PKK dan pelaku UMKM yang ada di Desa berjumlah 20 orang.Sehingga kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat yang memiliki UMKM sudah mulai memahami mengenai digital marketing dengan metode sosialisasi mempermudah masyarakat dalam memahami materi digitalisasi marketing. Implikasi penelitian ini diharapkan Pelaku UMKM yang menjadi target sosialisasi ini mampu menciptakan citra usaha (branding), logo dan packaging yang baik demi efisiensi dan efektifitas kinerja dari usaha yang dijalankannya. 

 

ABSTRACT

Public understanding of being able to maximize existing resources in a systematic manner is still lacking. Many UMKM do not yet have product names or brands, so they cannot create logos for their own products. This research aims to analyze digital marketing socialization activities for UMKM  in optimizing village economic potential. This research uses qualitative methods, which combine in-depth interview methods and observations of UMKM actors. This socialization was attended by PKK women and 20 UMKM actors in the village. So the conclusion from this service activity is that people who own UMKM have begun to understand digital marketing with the socialization method making it easier for people to understand marketing digitalization material. The implications of this research are that it is hoped that UMKM actors who are the target of this socialization will be able to create a good business image (branding), logo and packaging for the efficiency and effectiveness of the performance of the business they run.

Author Biographies

Transiska Silvia Kurnia Dewi, Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Sri Ambarwati Nurdiyanto, Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Fifit Sapitri Fauziah, Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Shavira Rika Jana, Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Shavira Rika Jani, Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Downloads

Published

2024-07-31