PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MAPS SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM GERABAH DESA PEJAGATAN

Authors

  • Sigit Pamungkas Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Chepy Aprilyanto
  • Febri Adi Susanto
  • Avita Bunda Setianingsih
  • Pertiwi Tegar Rahayu

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.203

Abstract

Desa Pejagatan adalah salah satu Desa di Kecamatan Kutowinangun dimana mayoritas warganya terlibat dalam usaha UMKM, tetapi memiliki keterbatasan pengetahuan terutama dalam aspek pemasaran dan promosi. Adapun usahanya seperti pengrajin gerabah dan menjual makanan. Sebagian besar UMKM di Pejagatan belum memanfaatkan promosi melalui media digital. Secara umum, promosi yang dilakukan masih bersifat tatap muka, dan pembeli utamanya adalah warga sekitar. Potensi pengembangan UMKM di Pejagatan dapat dioptimalkan melalui implementasi aplikasi Google Maps, khususnya untuk promosi gerabah. Fokus Pengabdian ini adalah mentransfer pengetahuan dan teknologi kepada warga Desa Pejagatan yang berbisnis, terutama di bidang gerabah. Melalui pelatihan dan pendampingan, aplikasi Google Maps dijadikan alat promosi. Rincian program melibatkan sosialisasi awal kepada mitra UMKM. Hasilnya menunjukkan peningkatan keterampilan dalam promosi dan pemasaran, terutama dalam pemanfaatan Google Maps. Dampaknya terlihat pada peningkatan pencarian alamat usaha melalui Google Maps, dan hasil akhir dari pengabdian ini adalah pendaftaran usaha UMKM di Google Maps.

Downloads

Published

2024-07-31