PENERAPAN INOVASI DESAIN STICKER DAN BANNER SEBAGAI BRANDING UMKM DI DESA LUMBU

Authors

  • Panggih Wiguna Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Acantya Nuraeny Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Afrinda Puput Indrawati
  • Chandra Arif Panggalih

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.208

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian nasional dan juga penyerapan tenaga kerja, oleh karena itu gebrakan inovasi harus dilakukan agar UMKM mampu bersaing. Inovasi dapat dilakukan dengan cara melakukan observasi, riset dan menggali ide kreatif. Tim pengabdian masyarakat bersinergi dengan pelaku UMKM berinovasi dalam pembuatan desain kreatif seperti desain sticker dan desain banner sebagai upaya pengenalan produk ke jangkauan yang lebih luas agar mampu bersaing. Dalam pelaksanaanya terdapat metode yang digunakan diantaranya adalah Participatory Rural Appraisal (PRA) dan instruksional dialog. Dari hasil pengabdian masyarakat ini terciptalah desain sticker beserta banner yang diterima dengan baik oleh pelaku UMKM di Desa Lumbu. Inovasi yang diberikan harapannya mampu membantu UMKM di Desa Lumbu dalam meningkatkan pendapatan dan produk UMKM di Desa Lumbu dapat dikenal masyarakat luas.

Downloads

Published

2024-07-31