PERAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM KERIPIK JAMUR DESA BABADSARI KOTA KEBUMEN

Authors

  • Risma Diah Ayu Universitas Wijayakusuma
  • Nisa Anggraeni
  • Pipit Mindyarti
  • Imam Mustaqim
  • Christophorus Nicholas Adriano Diosvald

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.222

Abstract

Tujuan dari program pengabdian dan masyarakat ini ialah untuk membantu mitra UMKM dalam mengatasi permasalahan mitra untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran. Keterbatasan mitra dalam menggunakan social media dalam memasarkan produk, menjadi salah satu penghambat dan menurunnya penjualan produk Kripik Jamur Pangestu. Dengan adanya solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian masyarakat, harpaannya nanti dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pemasaran produk tersebut. Mitra Digital marketing adalah jenis pemasaran yang dicari oleh para pelaku usaha saat ini. Pemasaran digital memungkinkan pelaku usaha untuk menjual produknya ke luar kota, negara bagian, bahkan negara. Jamur crispy masih dijual dengan konvensional, door to door. Misalnya, simpan di Warung terdekat. Karena itu KKN Kelompok 8 Universitas Wijayakusuma Purwokerto mendukung praktik pemasaran UKM. Teknik pemasaran digital marketing merupakan upaya untuk meningkatkan produksi, terutama dalam hal produk berkualitas tinggi, karena masyarakat umum lebih mengetahui produk yang dijual melalui pemasaran digital. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 35 hari, adapun program yang dilaksanakan adalah pemasangan banner pada workshop Pangestu Snack, pembuatan brosur produk, kartu nama produk, barcode produk, desain packaging produk,  dan memanfaatkan media social dalam proses promosi produk serta pendampingan dalam pembuatan desain produk terbaru kepada mitra.

Downloads

Published

2024-08-15