PENGEMBANGAN PROSES PENGEMASAN KRIPIK PISANG MAMAKE DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK

Authors

  • Nur Iman Ramadhani Universitas WijayaKusuma Purwokerto
  • Syihabudin Kamal
  • Achmad Adi Saputra
  • Rafiki Banu Ashar

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.224

Abstract

Artikel ini berkaitan dengan salah satu program kerja unggulan Tim KKN kelompok 11 Universitas Wijayakusuma Purwokerto, yang berkaitan dengan pengembangan UMKM di Desa Klapasawit. Tim KKN kelompok 11 mengambil beberapa UMKM dalam program kerja, salah satunya yaitu UMKM Keripik Pisang “Mamak”. Keripik pisang menjadi kegemaran sebagian besar masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih dan enak. Di Desa Klapasawit sendiri terdapat rumah produksi keripik pisang yang diberi nama Keripik Pisang “Mamak”, dengan potensi yang dimiliki oleh rumah produksi tersebut dalam cita rasa keripik pisang yang lebih gurih dibandingkan dengan kebanyakan keripik pisang yang beredar dipasaran, menjadikan Tim KKN kelompok 11 melakukan usaha pengembangan pada UMKM ini, agar dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas dan dikenal oleh banyak orang. Artikel ini disusun dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa studi Pustaka dan wawancara secara lisan. Hasil dari pengembangan UMKM ini diharapkan rumah produksi keripik pisang “Mamak” dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas.

Downloads

Published

2024-07-31