STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KULINER UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA DI DESA AMPIH KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

Authors

  • Adam Ifanka Amanullah Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Syakira Enova Azari
  • Sukmaning Tirta Kencana Suharto
  • Muhammad Fauzan Satrio Ardan
  • Retno Nur Wulandari

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.226

Abstract

Desa Ampih memiliki banyak potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bersumber dari bidang kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi dan menyusun strategi dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Ampih Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen, sebagai salah satu sektor unggulan dalam membantu peningkatan perekonomian masyarakat Desa Ampih Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan disajikan dalam bentuk data, kemudian analisa menggunakan analisis matrik SWOT untuk mengetahu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat permasalahan pada setiap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Ampih yaitu belum mempunyai legalitas produk sehingga pengembangan UMKM di Desa Ampih Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen belum bisa terlaksana dengan baik. Sedangkan strategi yang tepat dilakukan dalam pengembangan UMKM yang ada di Desa Ampih Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen adalah Strategi SO (Growth). Strategi SO (Growth) merupakan strategi yang memanfaatkan kekuatan yang ada untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya.

Downloads

Published

2024-08-05