PEMASARAN DIGITAL DALAM KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Sri Sundari Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Herwiek Diyah Lestari Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.23

Abstract

Tujuan pengabdian meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pengelolaan usaha di masa pandemi melalui pemasaran digital, bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Kandangwangi, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, sehingga diharapkan mampu menunjang keberlangsungan usaha, meningkatkan penjualan, mampu menjangkau pasar yang lebih luas, mampu menghemat biaya promosi, sarana penghubung yang baik bagi konsumen, memberi kemudahan dalam melihat perubahan bisnis, dan mampu menjadikan usaha yang kompetitif dan unggul untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian pada para pelaku usaha berupa presentasi tanya jawab terkait mengenal kewirausahaan melalui hakikat dan manfaat serta pemasaran digital dalam menunjang keberlangsungan usaha, kemudian melakukan pendampingan dan pelatihan. Hasil pengabdian menunjukkan masyarakat terutama pelaku usaha diharapkan dapat memahami pentingnya pemasaran produk secara digital agar usaha kecil mampu bertahan dan bangkit di masa pandemi. Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Kandangwangi Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara menunjukkan peningkatan pemahaman khususnya dalam hal peningkatan inovasi dan kreativitas kewirausahaan, dan peningkatan kemampuan dalam melakukan strategi pemasaran hasil produk barang dan jasa.

Kata kunci: Pemasaran Digital, Pelaku Usaha, Masa Pandemi

Downloads

Published

2022-11-15