PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI SOSIALISASI DAN DALAM UPAYA MENINGKATAN BRANDING UMKM DESA MEKARSARI

Authors

  • Meiada Setiawan UNWIKU PURWOKERTO
  • Bagus Yudistira Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Fianita Maya Berliana Universitas Wiajaykusuma Purwokerto
  • Lia Andani Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Meliana Rosikoh Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.230

Abstract

Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui sosialisasi branding telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan daya saing dan keberlanjutan sektor UMKM. Artikel ini membahas pentingnya sosialisasi branding bagi UMKM, proses implementasinya, manfaat yang dihasilkan, serta dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Dalam konteks globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, branding menjadi kunci untuk membedakan produk dan jasa UMKM di pasar. Melalui sosialisasi branding, UMKM dapat memperoleh pemahaman tentang yang lebih baik tentang nilai-nilai merek, identitas, dan posisi pasar mereka. Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan para konsumen, memperluas pangsa pasar, dan menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan.

Artikel ini akan mencoba untuk meluruskan permasalahan tersebut dan melakukan upaya pendampingan oleh Mahasiswa Universitas Wijayakusuma Purwokerto dalam membantu UMKM, khususnya UMKM pada di daerah Desa Mekarsari untuk membangun kesadaran akan pentingmya merek melalui program sosialisasi dan pendampingan. Tantangan utama yaitu melibatkan minimnya pada kesadaran branding pada produk UMKM. Program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, dan finishing, yang mencakup survey, konsultasi, desain logo menggunakan aplikasi Canva serta dilakukan pendampingan secara langsung kepada masyarakat agar dapat memaksimalkan upaya peningkatan branding yang dilakukan dengan menciptakan identitas dagang yang dapat menambah wawasan tentang  kesan yang baik serta identitas unik pada UMKM di Desa Mekarsari. Dalam kegiatan Sosialisasi ini memiliki sejumlah agenda guna untuk  membantu UMKM yang terdapat di Desa Mekarsari Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk para pelaku UMKM akan pentingnya branding melalui sosialisasi dan pendampingan serta menunjukkan potensi strategi ini dalam meningkatkan daya saing usaha dan memperkuat identitas merek.

 

 

Downloads

Published

2024-07-31