Artikel Pengabdian STRATEGI PEMASARAN UMKM KERAJINAN PAHAT KAYU SEBAGAI CIRI KHAS DESA TANJUNGSARI KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN

Authors

  • Fitriana Nur Ashikin Universitas Wiajaya Kusuma Purwokerto
  • Dimas Satriantara Pratama
  • Putri Aprilia Widiyanti
  • Tania Apriyani Hidayat
  • Tiki Robani

Abstract

Perkembangan zaman yang sangat pesat saat ini berpengaruh juga
pada strategi pemasaran, yang mulanya konvensional menjadi modern,
salah satu bentuk upayanya adalah dengan melakukan digitalisaisi
marketing melalui media sosial dan pembuatan kartu nama. Pada
dasarnya, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah arti
usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha
kecil, maupun rumah tangga. UMKM dapat menjadi ciri khas suatu
daerah, salah satunya di desa Tanjungsari yang mempunyai potensi
sebagai ciri khas daerah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu
melalui survey lapangan secara langsung pada UMKM kerajinan hadi
suripto. Hasil dari kegiatan ini adalah; 1) Penerapan strategi pemasaran
yang dilakuka dapat meningkatkan daya saing dan berpengaruh
langsung pada pendapatan UMKM ; 2) Pelatihan digital marketing
sebagai sarana penting bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan
keterampilan dalam memasarkan produk secara daring maupun
langsung dalam bentuk pembuatan Instagram, Linktree, Kartu nama
dan Vidio promosi; 3) Diharapkan produk UMKM Hadi Suripto dapat
menjadi pendorong ciri khas di Desa Tanjungsari.

Downloads

Published

2024-08-15