STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MANGGLENG CRISPY NOVRITA DI DESA SANGUBANYU, KEBUMEN

Authors

  • Syahdillah Ilham Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto
  • Sagita Ade Priani Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Sandra Nur Janah Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Petrus Pringgo Dinoto Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.235

Abstract

Pertumbuhan ekonomi nasional sangat ditentukan oleh perkembangan perekonomian daerah, sedangkan perekonomian daerah pada umumnya ditopang oleh kegiatan ekonomi bersekala kecil dan menegah. Di desa Sangubanyu banyak orang yang membangun usahanya dengan cara menggunakan modal awal dengan tabungan sendiri, melengkapi sarana dan prasarana usahanya dan memperluas jaringan pemasaran. Namun beberapa pengusaha terkendala dengan meningkatnya harga bahan baku, sedikitnya ketersediaan bahan baku usaha, keterbatasan sumber daya manusia, adanya permasalahan dalam permodalan, dan kurangnya akses pemasaran produk. Hal tersebut yang kemudian menuntut para pengusaha untuk kreatif dan inovatif dalam mempertahankan produknya agar tetap bisa memenuhhi kebutuhan konsumen dan dapat bertahan didunia bisnis. Salah satu cara untuk mewujudkannya yaitu dengan menyusun dan menerapkan strategi pemasaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran apa yang paling sesuai unutk diterapkan oleh pelaku usaha umkm di desa Sangubanyu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang baik diterapkan adalah melakukan pemasaran produk secara online dan pengembangan dalam kemasan produk.

Downloads

Published

2024-08-15