STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI LABELLING PADA UMKM EMPING MELINJO DESA PEJAGATAN

Authors

  • Feyza Zahara Taochid Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Elva Putri Yulita
  • dwi lestarini
  • lilis ika wati

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.241

Abstract

Desa Pejagatan adalah salah satu Desa di Kecamatan Kutowinangun dimana mayoritas warganya terlibat dalam usaha UMKM, tetapi memiliki keterbatasan pengetahuan terutama dalam aspek pemasaran dan promosi. Adapun usahanya seperti pengrajin gerabah dan menjual makanan. Pengambilan topik ini berdasarkan tema KKN yang sudah ditentukan. Program kerja yang mahasiswa laksanakan yaitu pengembangan desain Labelling untuk UMKM emping melinjo. Labelling merupakan komponen penting dalam pemasaran suatu produk. Oleh karena itu keterampilan dalam mendesain labelling yang baik perlu dimiliki oleh sumber daya manusia di dalam UMKM. Jagat Barokah merupakan sebuah UMKM yang bergerak dibidang produksi makanan ringan emping melinjo, UMKM ini sudah memiliki branding produk namun masih kurang menarik. Tujuan kegiatan pengabdian ini memberikan inovasi baru pada labelling produk emping melinjo. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode pelaksanaan. Dalam hal ini pelaksanaan difokuskan pada cara mendesain labelling produk. Kegiatan ini melibatkan 16 anggota kelompok emping Jagat Barokah serta 9 Mahasiswa KKN Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Adapun output dari kegiatan pengabdian ini berupa 16 buah label produk emping melinjo untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk tersebut.

Downloads

Published

2024-08-05