MEMBANGUN BRANDING UMKM DAN PENGELOLAAN BISNIS YANG EFEKTIF DI DESA KLAPASAWIT, KECAMATAN BULUSPESANTREN, KABUPATEN KEBUMEN

Authors

  • Nirmala FEB UNWIKU
  • Tri Esti Masita FEB UNWIKU
  • Rosiating Setianingsih Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Rina Marina Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.251

Abstract

Usaha rumahan merupakan kategori UMKM yang banyak berkembang di masyarakat dan umumnya dikelola dengan sederhana tanpa menerapkan prinsip manajemen usaha yang baik. Bahkan banyak UMKM yang tidak memberi merk dagang atau brand, karena beranggapan bahwa brand tidaklah terlalu penting. Padahal sesungguhnya kekuatan bisnis UMKM justru datang dari brand yang akan dibangun. Pelaku UMKM juga cenderung kurang bisa memanfaatkan teknologi yang semakin maju, padahal kemajuan teknologi telah mengubah banyak hal dalam aspek kehidupan manusia.

Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah (a) menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan mengenai branding, sehingga pemilik UMKM dapat termotivasi dan mampu meningkatkan kreatifitas membuat branding, (b) menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan mengenai pengelolaan usaha, sehingga pemilik UMKM dapat meningkatkan kemampuan dan melakukan pengelolaan usaha dengan lebih baik, (c) memberikan motivasi dan mendorong penerapan digital marketing pada UMKM agar pemilik UMKM dapat termotivasi dan mampu menerapkan digital marketing.

Metode pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan  Pengabdian Pada Masyarakat di Desa Klapasawit, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen adalah presentasi dengan tatap muka, pendampingan dan pelatihan pengenalan teknologi serta pemanfaatan media sosial dalam pemasaran digital.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dan pemilik UMKM setelah mendapatkan tambahan pengetahuan tentang branding, pengelolaan/manajemen usaha, serta pemasaran digital, serta dapat termotivasi melakukan pembenahan pengelolaan usaha dan menjalankan pemasaran digital.

Downloads

Published

2024-08-05