MANFAAT BANK SAMPAH DALAM UPAYA PENGENDALIAN SAMPAH DOMESTIK

Di Desa Kalisalak Kabupaten Banyumas

Authors

  • Susatyo Adhi Pramono Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Heru Bayuaji Sanggoro Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Priyono Yulianto Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i1.39

Keywords:

Garbage, Garbage Banks, Economic value

Abstract

               Pertambahan jumlah penduduk, perubahan pola konsumsi, dan gaya hidup masyarakat telah meningkatkan jumlah timbulan sampah, jenis, dan keberagaman karakteristik sampah. Dengan meningkatnya jumlah penduduk mengakibatkan aktivitas juga meningkat sehingga berakbiat sampah yang dihasilkan semakin banyak. Semakin banyaknya sampah tentu akan menimbulkan beberapa masalah, oleh karena itu penangganan sampah dengan menduar ulang  sampah yang masih bisa dimanfaatkan menjadi salah satu solusinya..

                Bank sampah menjadi salah satu solusi yang diginakan dalam menanganin sampah sekaligus untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Pemanfaatan sampah organik atau non organik sesauai dengan kemampuan masyarakat mengelola sampah dapat mengurangi keprihatinan terhadap lingkungan hidp yang diakbatkan oleh sampah yang menggunung.

                Manfaat yang dihasilkan dari Bank sampah antara lain  membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis. Manfaat bank sampah untuk masyarakat adalah dapat menambah penghasilan masyarakat karena saat mereka menukarkan sampah mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki. Pendirian Bank sampah untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis. 

Kata Kunci : Sampah ; Bank Sampah ; Nilai Ekonomis

 

Population growth, changes in consumption patterns, and people's lifestyles have increased the amount of waste generation, types, and the diversity of waste characteristics. With the increase in population, activity also increases so that more and more waste is produced. More and more waste will certainly cause several problems, therefore handling waste by recycling waste that can still be utilized is one solution.

                 The waste bank is one of the solutions used in handling waste as well as increasing people's economic income. Utilization of organic or non-organic waste in accordance with the community's ability to manage waste can reduce the concern for the environment caused by mountains of waste.

                 The benefits generated from the waste bank include making the environment cleaner, making people aware of the importance of cleanliness, and turning waste into economic goods. The benefit of a waste bank for the community is that it can increase people's income because when they exchange waste they will get a reward in the form of money collected in the account they have. Establishment of a waste bank to turn waste into something more useful in society, for example for handicrafts and fertilizers that have economic value.

Keywords: Garbage; Garbage Banks; Economic value

Downloads

Published

2023-02-07