Perencanaan Perencanaan Rumah Konstruksi Kayu Dinding Papan Tahan Gempa di Desa Kebocoran, Kec. Kedung Banteng, Kab. Banyumas

Authors

  • Y.Wahyu Dwi Yudono Wahyu Universitas Wijayakusuma-Purwokerto
  • Ary Sismiani
  • Dwi Djatilestariningsih

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i2.53

Keywords:

Banyumas; Gempa; Struktur rumah tinggal tahan gempa

Abstract

Kondisi alam wilayah Banyumas sebagai salah satu dari lima wilayah kabupaten yang sebagian wilayahnya berhimpitan dengan Kawasan lereng gunung Slamet, dimana gunung Slamet termasuk dalam kategori gunung tipe A yang terdapat di jawa Tengah. Wilayah Banyumas sebenarnya termasuk wilayah rawan bencana gempa bumi.

Sementara kebanyakan rumah tinggal menerapkan 2 macam system struktur, yaitu: Struktur dinding pemikul dan struktur rangka pemikul yang terdiri dari struktur rangka sederhana dengan dinding pengisi untuk menahan beban lateral (beban gempa) secara bersama sama, dan struktur rangka balok dan kolom kaku untuk menahan beban lateral (dinding pengisi tidak diperhitungkan memikul beban).

Dengan mendasarkan potensi wilayah yang rawan bencana serta penerapan system struktur yang banyak diterapkan dalam pembangunan rumah tinggal di wilayah Banyumas, maka kami team pengabdian fakultas Teknik UNWIKU mencoba untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bangunan rumah tinggal tidak bertingkat konstruksi kayu tahan gempa.

Downloads

Published

2023-08-28