PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI SARANA DIGITAL

Authors

  • Ady Achadi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Wijayakuuma Purwokerto
  • Heru Cahyo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Wijayakuuma Purwokerto
  • Akbar Pahlevi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Wijayakuuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i1.54

Keywords:

pemasaran, media digital, produktivitas

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat, mengakibatkan penggunaan dan pemilihan pemasaran melalui media sosial (online) menjadi pilihan utama yang dapat  diterapkan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Di era digital sekarang ini, internet telah menjadi sumber utama informasi yang telah mengubah perilaku konsumen dalam melakukan pembelian dari secara konvensional berubah menjadi online. Penggunaan media sosial dapat memberikan kemudahan dalam proses promosi baik berupa barang dagangan ataupun jasa, jualperdagangan yang dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui media sosial dapat meminimalisir biaya.  Proyek pengabdian masyarakat ini menggunakan metode penyuluhan dengan materi berupa pemanfaatan media digital dalam pemasaran produk umkm, strategi pemasaran produk umkm melalui media sosial dan pemanfaatan sistem keuangan digital untuk meningkatkan produktivitas umkm dan selanjutnya dilakukan pendampingan. Hasil dari Proyek kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dari bulan September sampai Desember 2022 telah berhasil menyadarkan para pelaku usaha umkm di desa Karangsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran untuk mencoba mencoba memasarkan hasil produksinya secara lebih luas dengan memanfaatkan media digital.

Downloads

Published

2023-02-01