PENGEMBANGAN MODEL BANGUNAN PENDOPO BARU SMKN3 BANYUMAS BERBASIS BUDAYA

Authors

  • Basuki Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Novi Andi Setyo Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto
  • Susatyo Adhi Pramono Program Studi Doktor Arsitektur Konsentrasi Arsitektur Digital Unika Soegijapranata

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i1.55

Keywords:

pendopo sekolah, desain riset dan pengembangan, bangunan cagar budaya

Abstract

Sarana prasarana fisik sekolah berperan penting dalam mendukung kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.  Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan model fasilitas pendopo sekolah berbasis budaya. Penelitian dilakukan melalui pendekatan desain riset dan pengembangan. Penelitian dilakukan melalui studi kasus pada perancangan pendopo sekolah di SMK Negeri 3 Banyumas yang melibatkan kemitraan antara pihak sekolah dengan Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Tahap awal penelitian dilakukan untuk mengiudentifikasi kebutuhan pengembangan. Tahap kedua penelitian dilakukan melalui pengembangan konsep dan perancangan di studio perancangan. Tahap ketiga penelitian dilakukan untuk evaluasi hasil pengembangan. Ketiga proses dilakukan melalui diskusi kelompok kecil dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACBG) Kabupaten Banyumas dan hasil konsultasi dengan SMKN3 Banyumas serta pihak pemangku kepentingan lainnya. Hasil kajian menghasilkan model pengembangan pendopo sekolah di SMK Negeri 3 Banyumas yang tidak hanya merupakan fasilitas untuk memenuhi aktivitas belajar mengajar di sekolah, tetapi dapat digunakan sebagai bagian dari strategi untuk mencapai tujuan dari pembelajaran secara umum, sebagai identitas sekolah, memori, kenangan, aktualisasi diri, Bangunan pendopo yang dapat digunakan untuk beragam fungsi (performance art, ruang pertemuan, ruang diskusi, ruang literasi, pembelajaran dinamis).

Downloads

Published

2023-02-06