PENINGKATAN DAYA SAING BAGI UMKM GUNA MEWUJUDKAN KEBERLANGSUNGAN USAHA DI ERA DIGITAL

Authors

  • Tunggul Priyatama Universitas Wijaya Kusuma Purwokwero
  • Sully Kemala Octisari

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i1.67

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan di Desa Karangsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat digitalisasi usaha dan memberikan pengetahuan pentingnya akuntansi digital dan pemasaran digital dalam meningkatkan daya saing usaha dan menjaga keberlangsungan usaha. Kegiatan ini perlu dilakukan karena kondisi pelaku usaha di Desa Karangsari masih belum banyak yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Untuk mendorong keberlangsungan usaha diperlukan strategi dan adaptasi yang baik terhadap perkembangan jaman yang ada. Salah satunya meningkatkan daya saing usaha dengan mulai mengenali dan menerapkan metode pemasaran digital dan akuntansi digital. Metode kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara presentasi materi secara interaktif, dan dilanjutkan dengan diskusi seputar materi dan penerapannya. Pelaku UMKM yang hadir nampak cukup antusias untuk bertanya mengenai bagaimana cara membuat konten digital untuk pemasaran dan juga seputar akuntansi digital. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diantaranya adalah menumbuhkan kesadaran bagi para peserta yang hadir bahwa ada beberapa keuntungan yang tidak terfikirkan sebelumnya dengan pemanfaatan digital untuk pemasaran dan akuntansi. Selain itu, kegiatan ini juga penting dalam memotivasi para peserta untuk dapat meningkatkan daya saing usahanya dengan menerapkan digital marketing dan digital akuntansi. Pemasaran secara konvensional dan secara digital akan menjadi hal baik jika dapat dilakukan secara bersama, terlebih dengan pengelolaan keuangan yang semakin baik dan real time dengan bantuan aplikasi yang tersedia, para pelaku usaha dapat lebih terbantu dalam pengambilan keputusan bisnis dan mendorong keberlangsungan usahanya.

Downloads

Published

2023-02-04