PENTINGNYA MEREK DAN KUALITAS PRODUK BAGI UMKM DI DESA CIBEREM, KECAMATAN SUMBANG

Authors

  • Dian Safitri Pantja Koesoemasari Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Wisnu Wijayanto Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Ratna Pujiastuti Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.7

Abstract

Tujuan pengabdian untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya merek dan kualitas produk bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Memberikan pendampingan untuk memberi pemahaman pentingnya merek dan menjamin kualitas produk yang ditawarkan, sebagai aset tak kasat mata. Metode yang digunakan ada dengan metode ceramah dari tim pengabdian dan diskusi tentang materi pengabdian. Pada pelaksanaan kegiatan dilakukan pre-test dan post-test secara lisan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui pemahaman pemilik dan karyawan tentang pentingnya merek dan kualitas produk. Hasil pengabdian adalah pemilik usaha Fionna Cake mengganggap merek hanya sebagai pengenal produk, tetapi sudah memahami perlunya mempertahankan merek dan selalu berusaha mempertahankan kualitas produk yang diproduksi. Selain itu, pemilik usaha perlu mempersempit lini produk pada bauran produknya agar dapat membatasi permintaan konsumen. Lini produk yang panjang menyebabkan tidak efektifnya pengenalan produk bagi konsumen dan perlu dilakukan penyuluhan dan pendampingan agar pemilik usaha dapat menemukan cara untuk menjaga keberlanjutan usahanya.

Kata kunci: Merek, Kualitas, Produk

 

Downloads

Published

2022-10-27