PEMANFAATAN MEDIA DARING BAGI UMKM DESA PADAHERANG DI ERA 4.0

Abstract
Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di era 4.0 memiliki berragam problematika. Seperti, penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku. Pelaku UMKM juga melakukan perubahan orientasi pemasaran pada era 4.0, banyak pelaku UMKM yang beralih ke perdagangan elektronik (ecommerce) untuk meningkatkan penjualan tetapi hal ini tidak di dukung dengan kemampuan pelaku UMKM yang cenderung rendah dalam menggunakan teknologi.
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bagi UMKM di Desa Padaherang Kecamatan Padaherang Kabupaten Pandeglang tentang pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran produk yang efektif dan efisien serta melakukan pendampingan dalam memanfaatkan berbagai market place berbasis internet sebagai sarana penjualan hasil produk. Kegiatan ini menggunakan metode pendekatan kontektual yaitu memberikan materi teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan praktek pembuatan konten produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM di Desa Padaherang. Hasil kegiatan ini adalah adanya pemahaman mitra tentang pemasaran melalui media sosial; mampu membuat konten pada marketplace dan promosi melalui sosial media secara mandiri.