PEMANFAATAN MEDIA DARING BAGI UMKM DESA PADAHERANG DI ERA 4.0

Authors

  • tri esti masita Universitas WijayaKusuma Purwokwero
  • P Edi Sumantri

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v2i1.71

Abstract

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di era 4.0 memiliki berragam  problematika.  Seperti,  penurunan  penjualan,  permodalan,  distribusi  terhambat, kesulitan bahan baku. Pelaku UMKM juga melakukan perubahan orientasi pemasaran pada era 4.0,  banyak  pelaku  UMKM  yang  beralih  ke  perdagangan  elektronik  (ecommerce)  untuk  meningkatkan  penjualan  tetapi  hal  ini  tidak  di  dukung  dengan kemampuan  pelaku  UMKM  yang  cenderung  rendah  dalam  menggunakan  teknologi.

Pengabdian  ini  bertujuan  untuk  memberikan  pemahaman  dan  keterampilan  bagi UMKM di Desa  Padaherang  Kecamatan Padaherang Kabupaten Pandeglang tentang pemanfaatan media sosial  sebagai  sarana  pemasaran  produk  yang  efektif  dan  efisien  serta melakukan  pendampingan  dalam  memanfaatkan  berbagai  market  place  berbasis internet  sebagai  sarana  penjualan  hasil  produk.  Kegiatan  ini  menggunakan  metode pendekatan  kontektual  yaitu  memberikan  materi  teori  terlebih  dahulu  dan  dilanjutkan dengan  praktek  pembuatan konten  produk-produk  yang  dihasilkan  oleh  para pelaku  UMKM  di  Desa  Padaherang.  Hasil  kegiatan  ini  adalah  adanya  pemahaman  mitra tentang pemasaran melalui  media sosial; mampu membuat konten pada marketplace dan promosi melalui sosial media secara mandiri.

Downloads

Published

2023-02-06