MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA DIMASA PANDEMI COVID 19 DENGAN MANAJEMEN WIRAUSAHA YANG TEPAT

Authors

  • Heri Setiawan Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Andi Johan Suzana Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Dian Safitri Panca Koesoemasari Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Tri Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi As Sholeh Pemalang

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.78

Abstract

Tujuan diadakannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk menjaga semangat berwirausaha bagi UMKM khususnya di di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas dalam menghadapi masa sulit selama pandemic covid-19 serta membentuk dan memberikan pengarahan dalam menyusun strategi bertahan bagi UMKM yang terdampak covid-19. Situasi new normal adalah realitas yang harus dihadapi semua pihak, baik masyarakat luas dan juga dalam dunia usaha. Kesempatan untuk para pengusaha akan sangat besar karena perubahan behaviour orang dari offline ke online. Dunia perdagangan diyakini akan semakin beralih ke sistem online. Oleh karena itu, kesempatan ini merupakan peluang bagi UMKM untuk mendapatkan keuntungan melalui pemasaran secara online. Teknik atau metode penyampaian informasi kepada masyarakat (sasaran) yang berkaitan dengan kegiatan yang akan di laksanakan yaitu dengan Ceramah. Pada kegiatan ini informasi yang disampaikan adalah menumbuhkan Jiwa Wirausaha dimasa Pandemi Covid-19. Target kegiatan ini memberikan motivasi yang kuat kepada para wirausaha dan jiwa pantang menyerah dalam berkreatifitas serta memberikan solusi dan peluang usaha agar dapat tetap bertahan dan terus meningkatkan daya juang berusaha walaupun dalam kondisi sesulit apapun terutara di masa pandemi covid19 ini. Luaran yang diharapkan dari hasil Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) ini adalah 1). untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang bagaimana agar tetap berkreatifitas dimasa pandemic covid 19 ini, 2). untuk meningkatkan jumlah pengguna market place atau penjualan online dalam meningkatkan kuantitas penjualan, 3). untuk meningkatkan jumlah wirausaha yang menggunakan media online, dan 4). untuk memberikan motivasi kepada masyarakat untuk terus berinovasi agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Kata kunci : membangun jiwa wirausaha, pandemi, covid-19

Downloads

Published

2023-02-07