PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN KUBE BUARAN JAYA DESA PABUARAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Ratna Pujiastuti Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Harsuti Harsuti Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Heru Cahyo Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Amin Budiastuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satria Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.79

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami dampak dari adanya pandemi Covid-19. Penurunnya daya beli konsumen menjadi suatu tantangan pelaku UMKM dalam menjalankan produksi usahanya. Salah satu peluang pelaku UMKM untuk bertahan di masa pendemi saat ini adalah dengan cara memaksimalkan penjualan Online. Tetapi tidak sedikit para pelaku UMKM yang masih belum paham dengan penjualan Online ini. Maka dari itu, perlunya pemberdayaan mayarakat pelaku UMKM dalam mencoba pasar Online atau pilihan lain dengan memberdayakan pelaku UMKM dalam membranding produk unggulan. Dengan menggunakan dan mengelola media digital yang tepat, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat mengenai produk. Media digital yang bisa digunakan antara lain Instagram, Facebook, WhatsApp, Youtube, GrabFood/Go-Food atau platform lainnya. Para pelaku usaha juga bisa melakukan brand awarness dengan secara offline yaitu bisa mengembagkan inovasi yang belum ada seperti promosi dengan membagikan brosurbrosur, membuat daftar menu yang menarik atau membuat pricetag. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah dalam bentuk pandampingan terhadap pelaku usaha tentang pengembangan inovasi usaha UMKM yang dimana para anggota turun langsung ke lapangan. Kegiatan pendampingan UMKM ini dilaksanakan di lokasi KUBE Buaran Jaya. Proses kegiatan Pendamingan UMKM berupa wawancara dengan pemilik usaha untuk mengetahui situasi kondisi usahanya saat ini, serta para anggota juga memberikan alat kesehatan berupa masker, handsanitizer, dan sarung tangan plastik kepada pengelola usaha sebagai bentuk perhatian untuk selalu menjaga protokol kesehatan saat berinteraksi dengan pelanggan.

Kata kunci :Pengembangan Inovasi UMKM, Media Sosial, Media Digital, Branding

Downloads

Published

2023-02-07