PENGENALAN ONLINE MARKETPLACE

Authors

  • Krisnhoe Sukma Danuta Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Tjahjani Murdijaningsih Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.8

Abstract

Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mengonlinekan 8 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada tahun 2020, tim pengabdian melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat desa dalam menghadapi persaingan perdagangan bebas dengan memanfaatkan media digital dalam mengembangkan usahanya. Metode pendekatan yang dilakukan adalah presentasi dengan tatap muka dan diskusi terkait pengenalan dan akuntansi pada online marketplace. Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilaksanakan di Desa Gembong, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Hasil pengabdian menunjukkan peserta pengabdian memiliki ketertarikan dan minat yang cukup tinggi untuk dapat memasarkan produk-produk melalui online marketplace. Selain itu, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah perlu memaksimalkan pemanfaatan teknologi agar dapat bersaing dan masih banyak pelaku usaha yang belum memiliki dasar pengetahuan akuntansi sesuai standar akuntansi yang berlaku.

Kata kunci: Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Online Marketplace

Downloads

Published

2022-10-27