PEMASARAN DI MASA COVID-19 PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH FIONNA CAKE

Authors

  • Arinastuti Arinastuti Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • P Edi Sumantri Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Susanti Budiastuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satria Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.81

Abstract

UMKM pada masa covid-19 perlu melakukan penyesuaian diri dalam hal produk dan melakukan beberapa strategi pemasaran untuk bertahan. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh UMKM termasuk membuka lini produk baru dan memperbaharui sistem pemasaran yang ada, karena bisnis yang mampu bertahan yaitu bisnis yang responsif terhadap perubahan lingkungan. Fionna Cake dirintis sejak pertengahan tahun 2017 dan mengalami peningkatan yang baik. Namun, dengan adanya pandemi COVID-19 maka sejak akhir bulan Maret 2020, bisnis Fionna Cake praktis terhenti. Penyuluhan dilakukan untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada pemilik usaha Fiona Cake supaya dapat meningkatkan penjualan dan tetap bersaing di masa pandemic covid 19. Hasilnya penyuluhan dan pendampingan dapat diterima dengan baik, pemilik usaha memiliki  semakin banyak pengetahuan tentang pemasaran, dan langsung diaplikasikan di tengah pandemic covid 19.

Kata kunci : UMKM, Pemasaran, Pandemi

Downloads

Published

2023-02-07