TANGKAP PELUANG PANDEMI: PERLUNYA DIVERSIVIKASI PRODUK PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Authors

  • Herwiek Diyah Lestari Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Mayla Surveyandini Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Rosalina Anindia Sari Kartika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satria Purwokerto

DOI : https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.82

Abstract

Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pengelolaan usaha di masa pandemi melalui diversifikasi produk untuk meningkatkan perekonomian pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Fionna Cake di Desa Ciberem, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Metode pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah presentasi dengan tatap muka, tanya jawab seputar materi tentang arti pentingnya diversifikasi produk dan strategi, risiko cara melakukan diversifikasi produk pada UMKM di masa pandemi. Hasilnya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk terlibat dalam diversifikasi produk ini antara lain dengan melakukan pengemasan ulang, mengganti nama, mengubah ukuran, Repricing,  Ekstensi merek, dan Ekstensi produk. 

Kata kunci : Peluang Pandemi, UMKM, diversivikaasi produk

Downloads

Published

2023-02-07